KURIKULUM

AGENDA KEGIATAN

DIVISI KURIKULUM MAN 2 JEMBER

 

  RANCANGAN KEGIATAN BIDANG KURIKULUM

       TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

 

NO.

WAKTU

KEGIATAN

KOORDINATOR/ PENANGGUNG JAWAB

KET.

12 

 

3

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

Menyusun rancangan jam pembelajaranPembagian Rombongan BelajarMasa Orientasi Siswa

 

Merancang dan merekap kebutuhan jam belajar dan potensi SDM guru secara proporsional

 

Merancang jadwal pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu per SDM guru, rancangan kegiatan sekolah, dan pertimbangan-pertimbangann kondisional lain

Merekap jadwal per SDM dan per kelas dalam formulasi paling efektif dan efisien

 

1.   Pembagian jadwal mengajar dan belajar kepada guru dan kelas

 

2.   Rapat Dewan Guru

 

 

Kegiatan pembelajaran dimulai

(Hari efektif jadwal MPK 116 hari smt. Gasal +136 hari semester genap= 252 hari ). Jumlah minimal menurut Diknas minimal 200 hari dan maksimal 245 hari.

 

Rapat Pembinaan Guru: Menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Waka KurikulumWaka Kesiswaan 

 

Waka Kurikulum

 

Wakakur dan Tim Penyusun Jadwal

 

 

 

Wakakur dan Tim Penyusun Jadwal

 

 

 

 

 

 

Wakakur , Wali Kelas, dan Guru Bidang Studi

 

 

 

Semua guru

 

 

 

Wakakur dan Guru Bidang Studi

 

Kepala sekolah, staf, dan dewan guru

 

 

 

 

 

 

 

 

Waka Kurikulum dan Guru Bidang Studi

 

NO.

WAKTU

KEGIATAN

KOORDINATOR/ PENANGGUNG JAWAB

10

 

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

13

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

17

15-25 September 2008 

 

 

19-29 September 2008

 

 

Pembinaan Profesionalisme Guru:Pelayanan Proses Pembelajaran Menuju KTSPMenyusun silabus, RPP, dan LKS 

 

 

 

Tindak lanjut pembinaan profesionalisme guru (intern per sekolah) c.q pemantauan kinerja dan hasil penyusunan silabus, RPP, dan LKS

 

Pekan ulangan harian I

Per hari dibatasi 2 bidang studi

 

 

 

 

 

 

 

Batas akhir penyerahan nilai ulangan harian I

 

 

Kegiatan Remedial/Retea-ching Semester Gasal kelas X, XI, dan XII  dimulai serta pelaksanaan pelajaran tambahan

 

 

Libur awal puasa

 

 

 

 

 

Supervisi klinis

 

 

 

 

 

Pekan Ulangan Harian II

 

 

Waka Kurikulum dan Guru Bidang StudiWaka Kurikulum dan Guru bidang studi

 

 

 

 

 

Waka Kurikulum dan satf serta guru bidang studi

 

 

 

 

Waka Kurikulum dan Guru Bidang Studi

 

 

 

 

 

 

 

 

Waka Kurikulum dan Guru Bidang Studi

 

 

Guru Bidang Studi dan Waka Kurikulum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepala Sekolah dan Staf

 

 

 

 

Guru Bidang Studi

 

 

 

NO.

WAKTU

KEGIATAN

KOORDINATOR/ PENANGGUNG JAWAB

18 

 

 

 

 

19

 

 

 

20

 

 

 

21

 

 

 

 

22

 

 

 

 

23

 

 

 

24

 

 

 

 

 

 

 

 

 

25

 

 

 

26

 

 

 

27

 

 

 

28

 

 

  1. Rapat Pembinaan Dewan Guru

 

 

 

  1. Batas penyerahan hasil Ulangan Harian II

Kegiatan Remedial II

 

 

 

Penyerahan nilai rata-rata harian dan tugas per guru bidang studi

 

Pengerjaan rapor tengah semester gasal 2008/2009

 

 

 

Pembagian rapor tengah semester gasal kepada pembelajar

 

 

Retret kelas XII

 

 

 

  1. Rapat Pembinaan Dewan Guru

 

 

 

 

  1. Penyusunan soal EBS

Pekan ulangan harian III

 

 

 

Pekan remedial, reteaching, dan pelajaran tambahan

 

Pekan ulangan harian IV

 

 

 

Batas penyerahan akhir soal EBS Gasal 2006/20007

Kepala Sekolah, Staf, dan Dewan GuruGuru Bidang studi dan Kurikulum Guru Bidang Stdui dan Waka Kurikulum 

Guru Bidang Studi dan Waka Kurikulum

 

 

Guru Bidang Studi dan Waka Kurikulum

 

 

Waka Kurikulum dan Tim Komputasi rapor

 

 

 

Waka Kurikulum dan Wali kelas

 

 

 

Waka Kesiswaan dan Pembina OSIS

 

 

Kepala sejkolah dan Staf beserta Dewan Guru

 

 

 

 

Guru Bidang Studi

 

 

Guru Bidang Studi

 

 

 

Guru Bidang Studi

 

 

 

Guru Bidang Studi

 

 

 

Sekretariat EBS

NO.

WAKTU

KEGIATAN

KOORDINATOR/ PENANGGUNG JAWAB

2930 

 

31

 

 

 

32

Evaluiasi Belajar semester Gasal 2008/2009Remedial EBS Semestyer Gasal 2008/2009Komputasi rapor

 

 

 

Pembagian rapor kepada orang tua/wali murid

 

Waka Kurikulum, staf, dan PanitiaSda. 

Waka Kurikulum dan Tim komputasi Rapor

 

 

Wali kelas masing-masing

33

Libur Natal dan Semester Gasal 2008/2009   
3435 

 

 

 

 

 

36

 

 

39

 

 

 

 

40

 

 

 

 

 

 

41

 

 

 

42

 

 

 

43

 

 

 

 

 

 

Hari pertama KBM semester genapMGMP II 

 

 

 

 

Pekan ulangan harian I semester genap

 

Batas akhir penyerahan nilai ulangan harian I Semester Genap ke Kurikulum

 

Pendampingan guru

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan remedial, reteaching, dan atau pelajaran tambahan I

 

Batas akhir penyerahan nilai remedial

 

 

Pekan ulangan harian II

 

 

 

 

Kepala sekolah dan staf serta Dewan GuruKoordinasi  antar-SMA-K Xaverius Kota Palembang 

 

 

Guru Bidang Studi

 

 

Guru Bidang Studi

Dan Waka Kurikulum

 

 

 

Kepala sekolah dan Staf

 

 

 

 

 

Guru Bidang Studi

 

 

 

Guru Bidang Studi

 

 

 

Guru Bidang Studi

 

 

 

 

NO.

WAKTU

KEGIATAN

KOORDINATOR/ PENANGGUNG JAWAB

4445  

 

 

46

 

 

46

 

 

47

 

 

49

 

 

50

 

 

 

 

 

 

 

51

 

 

52

 

 

53

 

 

54

 

 

55

 

 

 

56

 

 

57

 

 

58

 

 

 

59

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3-12 Juni 2009

 

 

11-17 Juni 2008

 

 

 

LOMBA MIPA IVKegiatan remedial, reteaching, dan atau pelajaran tambahan 

 

Batas akhir penyerahan nilai perbaikan

 

Pengerjaan rapor tengah

 

 

Pembagian rapor tengah semester

 

Pekan ulangan harian III

 

 

Kegiatan remedial, reteaching, dan atau pelajaran tambahan III

 

 

 

 

 

Pelaksanaan ujian praktik kelas 3

 

Batas akhir penyerahan nilai perbaikan

 

Pekan ulangan harian IV

 

 

Ujian Nasional Kelas XII

 

 

Kegiatan remedial, reteaching, dan atau tambahan

 

Batas akhir penyerahan nilai perbaikan

 

Evaluasi Belajar Semester Genap

 

Remedial I + II siswa yang belum tuntas

 

 

Batas akhir penyerahan nilai semester genap

 

Kepala Sekolah, Staf, dan PanitiaWaka Kurikulum dan Guru Bidang Studi 

 

Guru Bidang Studi

 

 

Kurikulum dan Tim Komputasi Rapor

 

Kurikulum

Wali Kelas

 

Guru-guru Bidang Studi

 

 

Guru-guru Bidang Studi

 

 

 

 

 

 

 

Waka Kurikulum dan Guru Bidang Studi

 

Guru Bidang Studi

 

 

Guru Bidang Studi

 

 

Kurikulum dan Guru Bidang Studi

 

Kurikulum dan Guru Bidang Studi

 

 

Kurikulum dan Guru Bidang Studi

 

Kepala Sekolah dan Staf dan Panitia

 

Waka Kurikulum dan Tim Komputasi

Guru Bidang Studi

 

Waka Kurikulum dan Tim Komputasi

Guru Bidang Studi

NO.

WAKTU

KEGIATAN

KOORDINATOR/ PENANGGUNG JAWAB

60 

 

61

 

 

62

 

63

 

 

64

 

 

 

  1. Rapat Kelulusan Kelas XII
  2. Pengumuman kelulusan
  3. Cap tiga jari
  4. Pembagian berkas

Pengerjaan rapor kelas X, XI

 

Rapat kenaikan kelas

 

Pembagian rapor kelas X, XI

 

Libur semester genap

Kepala sekolah, Waka Staf, dan Dewan GuruWali kelasWali kelasWali kelas 

Tim Komputasi Wali kelas

 

Dewan Guru

 

Kepala sekolah, Waka Staf, dan Dewan Guru

 

 

 

 

Jember, Juli 2012

 

 

 

2.     Pendidikan Kewarganegaraan

Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan RepubilikIndonesia

1.      Menganalisis sikap positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi

2.      Menganalisis pola-pola  dan  partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik diIndonesiamaupun  di luar negeri

3.      Menganalisis peran dan hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI

4.      Menganalisis budaya politik demokrasi, konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia

5.      Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional

6.      Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945

7.      Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama global lainnya

8.      Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah internasional

 

3.     Bahasa dan Sastra Indoensia

Program IPA dan IPS

1.      Mendengarkan

Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian berita, laporan, saran, berberita, pidato, wawancara, diskusi, seminar, dan pembacaan karya sastra berbentuk puisi, cerita rakyat, drama, cerpen, dan novel

2.      Berbicara

Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan berkenalan, diskusi, bercerita, presentasi hasil penelitian, serta mengomentari pembacaan puisi dan pementasan drama

3.      Membaca

Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk rencana, teks pidato, serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, novel, biografi, puisi kontemporer, karya sastra berbagai angkatan dan sastra Melayu klasik

4.      Menulis

Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, teks pidato, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, kritik, dan esei.

 

4. Bahasa Inggris

1.      Mendengarkan

Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recountnarrativeproceduredescriptivenews itemreportanalytical expositionhortatory expositionspoofexplanationdiscussion, dan review, dalam konteks kehidupan sehari-hari

2.      Berbicara

Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recountnarrativeproceduredescriptivenews itemreportanalytical expositionhortatory expositionspoofexplanationdiscussion, dan review, dalam konteks kehidupan sehari-hari

3.      Membaca

Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recountnarrativeproceduredescriptivenews itemreportanalytical expositionhortatory expositionspoofexplanationdiscussion, dan review, dalam konteks kehidupan sehari-hari

4.      Menulis

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recountnarrativeproceduredescriptivenews itemreportanalytical expositionhortatory expositionspoofexplanationdiscussion, dan review, dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

5.     Matematika

5.1 Program IPA

1.      Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya,  menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta  menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah

2.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi invers, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, algoritma pembagian dan teorema sisa, program linear, matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

3.      Menentukan kedudukan, jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang di ruang dimensi tiga serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah

4.      Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, rumus  sinus dan kosinus jumlah dan selisih dua sudut, rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus, serta   menggunakannya dalam pemecahan masalah

5.      Memahami limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri di suatu titik dan sifat-sifatnya, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, serta  menerapkannya dalam pemecahan masalah

6.      Memahami dan  mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian dan menerapkannya dalam pemecahan masalah

7.      Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan

8.      Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerjasama

     5.2 Program IPS

1.      Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya,  menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta  menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor

2.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat dan grafiknya, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, komposisi dan invers fungsi, program linear, matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

3.      Menentukan kedudukan, jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang di ruang dimensi tiga serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah

4.      Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri serta   menggunakannya dalam pemecahan masalah

5.      Memahami limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri di suatu titik dan sifat-sifatnya, turunan fungsi, nilai ekstrem, integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri, serta  menerapkannya dalam pemecahan masalah

6.      Mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian, dalam pemecahan masalah

7.      Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan

8.      Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerjasama.

6.      Fisika

1.      Melakukan percobaan, antara lain merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis

2.      Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti, dan obyektif

3.      Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan energi, impuls, dan momentum

4.      Mendeskripsikan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor

5.      Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi

6.      Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi

 

7.     Biologi

1.      Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, menggunakan berbagai peralatan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran yang tepat dan teliti, mengumpulkan, mengolah, menafsirkan dan menyajikan data secara sistematis, dan menarik kesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, serta berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan tertulis

2.      Memahami keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.

3.      Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem

4.      Memahami konsep sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi organ, kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi pada sistem organ, serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat

5.      Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, proses metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat

6.      Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat

8.     Kimia

Melakukan percobaan, antara lain merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis

1.      Memahami hukum dasar dan penerapannya, cara perhitungan dan pengukuran, fenomena reaksi kimia yang terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan energi

2.      Memahami sifat berbagai larutan asam-basa, larutan koloid, larutan elektrolit-non elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaannya

3.      Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam, dan pemisahan bahan (elektrolisis)

4.      Memahami struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang meliputi benzena dan turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

9.     Sejarah

1. Kelas X

1.      Memahami ruang lingkup ilmu sejarah

2.      Menggunakan  prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

3.      Menganalisis masa pra-aksara dan masyarakat aksara pada masyrakat Indonesia

4.      Menganalisis kehidupan awal masyarakat di Indonesia meliputi peradaban awal, asal-usul dan persebaran manusia di wilayah nusantara/Indonesia

2. Program IPA

1. Menganalisis perkembangan masa negara-negara tradisional yang meliputi masa Hindu-Buddha, Islam di Indonesia

2. Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia masa penjajahan Hindia-Belanda dan Pemerintahan Pendudukan Jepang

3.  Menganalisis proses kelahiran dan pertumbuhan nasionalisme di Indonesia

4. Merenkonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi Kemerdekaan sampai dengan periode Demokrasi terpimpin

5. Merekonstruksi pergantian pemerintahan masa awal kemerdekaan (1945-1955), Demokrasi terpimpin (1955-1967), ke masa pemerintahan Orde Baru (1967-1998) sampai periode Reforrmasi (sejak 1998 s/d sekarang)

6. Merekonstruksi perkembangan masyarakat pada masa Orde Baru

7. Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesudah Perang Dunia II sampai dengan pertumbuhan teknologi mutahir

3. Program IPS

1.      Menganalisis  kehidupan awal, peradaban manusia Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia, serta asal usul dan persebaran manusia di Indonesia

2.      Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia pada masa Negara tradisional, meliputi perkembangan budaya, agama, dan sistem pemerintahan masa Hindu-Buddha,  masa Islam, proses interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia

3.      Menganalisis  kesejarahan masa kolonial Hindia Belanda (pengaruh Barat) meliputi perubahan ekonomi, demografi, sosial, serta politik dan masa kolonial Jepang yang meliputi perubahan sosial-ekonomi, politik

4.      Menganalisis pengaruh berbagai revolusi politik dan sosial di dunia (Revolusi Perancis, revolusi Amarika, revolusi Rusia) terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

5.      Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945, terbentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan lahirnya Undang-Undang Dasar 1945

6.      Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia mulai masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha, kerajaan-kerajaan Islam, permerintahan colonial Belanda, Inggris, Pemerintahan Pendudukan Jepang, meliputi politik (lahirnya gerakan pendidikan dan nasionalisme), cita-cita terbentuknya Negara merdeka dan sebagainya

7.      Menganalisis perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan dan persatuan NKRI darii ancaman disintegrasi bangsa, antara lain Peristiwa Madiun 1948, Pemnerontakan DI/TII, Peristiwa PERMESTA, Peristiwa Andi Azis, RMS, PRRI, dan Gerakan G-30-S/PKI

8.      Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan masa Orde Baru, dan masa Reformasi, meliputi  Masa Pemerintahan Demokrasi Terpimpin (Orde baru, 1945-1967), masa Demokrasi Pancasila (Orde Baru, 1967-1998), dan masa peralihan ke masa Reformasi(1998 –sekarang)

 

10.                                                Geografi

1.      Memahami hakikat, objek, ruang lingkup, struktur, dan pendekatan Geografi

2.      Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan memanfaatkannya dalam mengkaji geosfer

3.      Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai wahana memvisualkan geosfer

4.       Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi

5.      Memahami pola dan aturan tata surya dan jagad raya dalam kaitannya dengan kehidupan di muka bumi

6.      Memahami sumber daya alam dan pemanfaatannya secara arif

7.      Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan

8.      Menganalisis konsep wilayah dan pewilayahan dalam kaitannya dengan perencanaan pembangunan wilayah, pedesaan dan perkotaan, serta negara maju dan berkembang

 

 

 

11.                                                Ekonomi

1.      Menganalisis permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia dan sistem ekonomi

2.       Mendeskripsikan kegiatan ekonomi produsen, konsumen, permintaan, penawaran dan harga keseimbangan melalui mekanisme pasar

3.       Mendeskripsikan kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi dalam kaitannya dengan pendapatan nasional, konsumsi, tabungan dan investasi, uang dan perbankan

4.      Memahami pembangunan ekonomi suatu negara dalam kaitannya dengan ketenagakerjaan, APBN, pasar modal dan ekonomi terbuka

5.       Menyusun siklus akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang

6.      Memahami fungsi-fungsi manajemen badan usaha, koperasi dan kewirausahaan.

 

12.                                                Sosiologi

1.      Memahami sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan

2.      Memahami proses interaksi sosial di dalam masyarakat dan norma yang mengatur hubungan tersebut serta kaitannya dengan dinamika kehidupan sosial

3.      Mengidentifikasi kegiatan bersosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian

4.      Mengidentifikasi berbagai perilaku menyimpang dan anti sosial dalam masyarakat

5.      Menganalisis hubungan antara struktur dan mobilitas sosial dalam kaitannya dengan konflik sosial

6.      Mendeskripsikan berbagai bentuk kelompok sosial dan perkembangannya dalam masyarakat yang multikutural

7.      Menjelaskan proses perubahan sosial pada masyarakat dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat

8.      Menjelaskan hakikat dan tipe-tipe lembaga sosial dan fungsinya dalam masyarakat

9.       Melakukan penelitian sosial secara sederhana dan mengkominukasikan hasilnya dalam tulisan dan lisan

 

13.                                                Kesenian

1. Seni  Rupa Kelas X

2. Seri Rupa Kelas XI Program IPA

1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat dan Nusantara

2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni terapan dengan memanfaatkan teknik mistar dan proyeksi dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara dan mancanegara

3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni dan terapan (modern/ kontemporer) yang dikembangkan dari beragam unsur, corak dan teknik seni rupa Nusantara

3. Seni  Rupa Kelas XI Program IPS

 

1.      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat dan Nusantara

2.      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara dan mancanegara

3.      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni dan terapan (modern/kontemporer)  yang dikembangkan dari beragam unsur, corak dan teknik seni rupa Nusantara

 

4. Seni Rupa Kelas XII Program IPA

5. Seni Rupa Kelas XII Program IPS

 

14. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

1.      Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan

2.       Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

3.       Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya

4.       Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya

5.       Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan keselamatan di air

6.      Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain

7.      Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV

 

15.  Teknologi Informasi dan Komunikasi

      Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan  komunikasi yang ditopang oleh sikap cermat dan menghargai Hak Atas Kekayaan Intelektual

1.      Menggunakan perangkat pengolah kata, pengolah angka, pembuat grafis dan pembuat presentasi dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram untuk menghasilkan informasi

2.      Memahami prinsip dasar Internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi, berkomunikasi dan bertukar informasi

1.      informasi, berkomunikasi dan bertukar informasi

 

16. Keterampilan

 

1.      Keterampilan Pengolahan Bahan (Jurusan IPA)

  • Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk
  • Menga[presiasi dan menerapkan teknologi pengolahan bahan padeat dan bahan cair-kental dengan berbagai teknik, antara lain fermentasi
  • Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk makanan dengan berbagai teknik, misalnya daur ulang, dari satu bahan menjadi berbagai produk

 

2.      Keterampilan Akuntansi Pembukuan (Jurusan IPS)

  • Memahami penyusunan sklus akuntansi perusahaan jasa
    • Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang dan pentupan siklus akuntansi perusaahaan dagang.

 

17.  Seni Budaya

17.1 Seni Budaya: Arsitektur (Jurusan IPA)

  • Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan dengan menafaatkan teknik dan corak daerah setempat dan Nusantara
  • Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  terapan dengan memanfaatkan teknik mistar dan proyeksi dengan mempretimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan nusantara dan manca Negara
  • Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa dan terapan modern kontemporer yang dikembangkan dari berbagai unsur, corak, dan teknik seni rupa Nusantara.

 

17.2 Seni Budaya: Ekspresi Seni (Jurusan IPS)

  • Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat dan Nusantara
  • Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara dan mancanegara
  • Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni dan terapan modern kontemporer yang dikembangkan dari berbagai unsur, corak, dan teknik seni rupa Nusantara.

 

  1. Muatan Lokal

18.1 Mulok IPA: Elektronika

  • Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi berbagai bentuk dan jenis yang bermanfaat secara praktis fungsional dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi bidang elektronika berbagai bentuk dan jenis yang bermanfaat secara praktis fungsional dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa alat elektronika serta sarana lain dengan memanfaatkan energi mekanik berbagai bentuk dan jenis yang bermanfaat secara praktis fungsional dalam kehidupan sehari-hari.

 

18.2       Mulok IPS: Seni Kriya

  • Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dan teknik pembentukan manual untuk fungsi eksprsi/hias
  • Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan berbagai teknik untuk fungsi  eksprsi/hias
  • Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan mengguinakan bahan keras alami dengan berbagai teknik  untuk fungsi eksprsi/hias
  • Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan  dengan teknik potong sambung dan teknik potong konstruksi  untuk fungsi eksprsi/hias
  • Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dan teknik sayat dan ukir yang menerapkan ragam hias tradisional, mancanegara maupun  modifikasinya.

 

RINCIAN DESKRIPSI TUGAS

DIVISI KURIKULUM

Tahun 2012/2013

 

NO.

 

JABATAN

TUGAS

  1

Waka Kurikulum

Drs. Syamsul Ma’arif

1.      Konsultasi dengan Kepala Sekolah mempersiapkan dan mengantisipasi kebutuhan sumber daya manusia guru.

2.      Konsultasi dengan Kepala Sekolah  menyusun dan mepersiapkan program pembinaan peningkatan profesionalisme guru.

3.      Konsultasi dengan Kepala Sekolah menyusun dan mengatasi Pembagian Tugas Mengajar Guru.

4.      Konsultasi dengan Kepala Sekolah merancang dan melaksanakan program pembinaan, pengembangan, dan jaminan profesionalisme guru.

5.      Konsultasi dengan Kepal Sekolah  untuk merancang pelaksanaan dan menentukan langkah-langkah dan strategi ke program SDIP dibantu oleh asisten Kurikulum Bidang SDIP/

6.      Mengkoordinasi perangkaian jadwal kegiatan pembelajaran dan jadwal piket bersama asisten dan sekretaris.

7.      Menyusun daftar wali kelas per tahun pembelajaran.

8.      Mengkoordiansi kegiatan operasional pembelajaran.

9.      Mengkoordinasi dan mengendalikan kegiatan administratif dewan guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengukuran, pengevaluasian, dan penilaian.

10.  Mengkoordinasikan kegiatan pelayanan laboratorium melalui Koordinator Laboratorium.

11.  Mengkoordinasi kegiatan operasional pengukuran, pengevaluasian, dan penilaian dewan guru dalam memberikan pelayanan pembelajaran.

12.  Mengkoordinasi kegiatan pelayanan  remedial harian maupun akhir semester.

13.  Mengkoordinasikan kegiatan pelayanan pelajaran pengayaan materi pembelajaran.

14.  Mengkoordinasikan kegiatan pelayanan pelajaran tambahan.

15.  Bekerja samna dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum sekolah lain dalam perancangan dan pelaksanaan musyawarah guru Mata pelajaran dan koordinasi SMA/SMK Xaverius Kota Palembang.

16.  Mengkoordinasi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pelayanan, pengukuran, pengevaluasian, dan penilaian proses  pembelajaran baik bersifat rutin maupun periodik terjadwal.

17.  Mengkoordinasi perancangan dan pelaksanaan tenaga operasional kegiatan pelayanan pembelajaran terjadwal parsial.

 

NO.

 

JABATAN

TUGAS

 

 

2 

Asisten Kurikulum Bidang Umum

Nur Hidayat, S.Pd1.      Bekerja sama dengan Waka Kurikulum bertanggung jawab terhadap pengelolaan kegiatan pembelajaran kelas

2.      Mengontrol kelas per kelas proses pembelajaran sesuai jadwal

3.      mengontrol jadwal guru piket untuk mengatasi kebutuhan kondisional pembelajaran sesuai jadwal

4.      Mengontrol pengembalian peralatan kelas dibantu oleh tenaga teknis

5.      Bersama Sekretaris mengontrol kebutuhan sarana pembelajaran (kapur putih, kapur berwarna, penghapus, papan tulis, penggaris panjang, penggaris segitiga, busur, jangka dan lain-lain)

6.      Bersama petugas tenaga teknis mengontrol kelengkapan pengembalian sarana pembelajaran kelas per kelas

7.      Bersama Sekretaris mengoordinasi dan mengontrol kegiatan laboratorium berkoordianasi dengan Koordinator Laboratorium

8.      Bekerjasama dengan Sekretaris mengawasi kegiatan remedial. Pengayaan, dan pelajran tambahan

9.      Bekerjasama dengan tenaga operasional lain menangani kegiatan parsial ( Evaluasi Belajar Semester, Ujian Praktik, Ujian Nasional, dan lain lain )

10.  Mengumpulkan data siswa peserta evaluasi belajar semester atau ujjian susulan

11.  Mengkoordinasi kegiatan evaluasi belajar semester atau ujian susulan bekerja sama dengan tenaga operasional

12.  Bekerja sama dengan tenaga teknis mengoordiansi penataan tempat evaluasi atau ujian

13.  Mengatasi kebutuhan kondisional mengatasi keprluan pembelajaran kelas

 

 

 

 3 

Asisten Kurikulum Bidang SDIP

Giman, S.Pd

1.      Konsultasi dengan Kepala Sekolah da Staf merancang        bentuk pelaksanaan pengembangan sistem dan sarana sekolah ke arah SDIP

2.      Bersama Waka Kurikulum merancang langkah-langkah perencanaan SDIP ke dalam program per satuan waktu secara operasional

3.      Bekerja sama denga Waka Kurikulum bertanggung jawab terhadap pengelolaan kegiatan pembelajaran kelas menuju ke kelas internasional dengan mengacu  ke standar Kurikulum Cambridge

4.      Menentukan pihak-pihak terkait dengan pelaksanaan opersional

5.      Konsultasi dengan Kepala Sekolah bersama Waka Kurikulum bertanggung jawab terhadap pelaksanaan program SDIP

6.      Merancang dan menyusun program komputasi sisitem layanan administrasi dan publikasi

7.      Bekerja sama dengan Waka Humas merancang dan mempublikasikan bentuk layanan informasi pembelajaran mulai dari layanan perancangan, pelaksanaan, pengevaluasian, dan publikasi

 

 

 

 

 

1.      Mencatat kehadiran(absensi) guru setiap hari dan memasukkan datanya ke akreditasi dalam sistem komputasi

2.      Mencatat tugas guru piket setiap hari sistem komputasi

3.      Mengarsipkan legger sementara, legger tetap, dan map nilai dari wali kelas

4.      Mempersiapkan berkas-berkas remedial dan pengayaan

5.      Menerima setoran nilai harian dari guru yang akan mengadakan remedial

6.      Mengetik setoran nilai harian dari guru yang akan mengadakan remedial dalam sistem komputasi

7.      Mengarsipkan nilai harian per bidang studi dalam file folder dalam satuan waktu pembelajaran

8.      Membuat rekap remedial dan pengayaan setiap akhir bulan

9.      Mengarsipkan daftar hadir siswa remedial setiap bulan dalam sistem komputasi

10.  Merekap dan mengetik jadwal mengajar guru dalam sistem komputasi

11.  Merekap dan mengetik jadwal kelas dalam sistem komputasi

12.  Konsultasi dengan Waka Kurikulum menyusun daftar hadir mengawas evaluasi belajar semester

13.  Mempersiapkan berkas-berkas remedial ulangan semester

14.  Mengarsipkan data siswa yang mengikuti remedial ulangan semester

15.  Mempersiapkan blangko setoran nilai guru bidang studi untuk wali kelas

16.  Mempersiapkan map nilai untuk wali kelas

17.  Menerima setoran nilai dari guru dan memasukkannya ke map kelas masing-masing

18.  Menyusun daya serap per semester

19.  Merekap dan menghitung persentase kehadiran (absensi) guru per semester

20.  Mengarsipkan berkas-berkas remedial dan pengayaan selama satu tahun pelajaran

21.  Menata dan menyusun arsip surat masuk dan suart keluar

22.  Menata dan menyusun format-format administratif guru baik untuk keprluan harian maupun rutin parsial

  5

Layanan Administrasi dan Publikasi

Nur Hidayat, S.Pd

1.      Merancang website terprogram setapak demi setapak untuk mewujudkan profil sekolah dalam jaringan

 

2.      Bekerja sama dengan Tata Usaha dan Sekretaris Kurikulum merancang dan melaksanakan program

3.      Menyusun rancangan basis data bekerja sama dengan Tata Usaha dan  Sekretaris Kurikulum, serta lini lain

4.      Bekerja sama dengan guru TIK merancang dan menyusun program layanan email learning

5.      Bekerja sama dengan Waka Humas merekap dan menyusun visualisasi kegiatan-kegiatan sekolah dalam layanan multimedia

6.      Bekerja sama dengan Waka Humas memberi layanan publikasi profil sekolah dengan sarana multimedia.

 

 

 

NO.

 

 

JABATAN

 

TUGAS

 

 

 

6

Koordinator Laboratorium

 

1.      Mengkoordinasi peran dan tanggung jawab laboran dengan menyusun deskripsi tanggung jawab, tugas, dan kewajiban masing-masing

 

2.      Mengkoordinasi kebutuhan peralatan dan bahan keperluan laboratorium

3.      Mengkoordinasi penggunaan laboratorium dengan menggunakan sistem pengusulan waktu dan tempat penggunaan dari guru bidang studi, minimal dua hari sebelumnya

4.      Bertanggung jawab terhadap penggunaan laboratorium di luar jam pembelajaran, dalam hal ini keperluan ekstrakulikuler

5.      Menyusun program tahunan dan porgram semester aplikasi pemakaian laboratorium berdasarkan program sekolah/kurikulum an usulan/laporan

6.      Bekerja sama dengan laboran mengiventarisasi ketersediaan kondisi perangkat/bahan laboratorium untuk kegiatan pembelajaran

7.      Bekerja sama dengan laboran merancang jadwal pemakaian laboratorium sehingga terhindar dari benturan/tabrakan jadwal penggunaan

8.      Mengajukan proporsal perangkat sarana/bahan laboratorium ke Waka Sarana berdasarkan masukan laboran dan pembina KIR/Ekstrakulikuler dan diketahui oleh Waka Kurikulum

9.      Bekerjaa sama dengan laboran dalam mengontrol pemakaian laboratorium secara rutin

10.  Mengontrol kondisi-keadaan perangkat dan sarana laboratorium secara rutin

11.  Memberikan laporan administrasi pemakaian laboratorium ke Waka Kurukulum, Waka Sarana dan Kepala Sekolah

 

 

7 

Laboran

1.      Laboran Fisika

      Ennike K. S.pd

2.      Laboran Kimia

     Titik M. S.pd

3.      Laboran Biologi

Dra. Yuni H

4.      Laboran Bahasa

       Dra. Kodariyah M.

5.      Laboran IPS

       Hadi Naim S.Pd

6.      Laboran Seni

        Istifadah S.pd

7.      Laboran Komputer

      Nur Hidayat, S.Pd

 1.       Mendata dan menyusun daftar inventarisasi alat dan bahan laboratorium

2.       Menginventarisasi dan menyusun jadwal penggunaan laboratorium guru bidang studi dan pembina KIR

3.       Mempersiapkan alat dan atau bahan pratikum yang diperlukan dalam pembelajaran

4.       Mendampingi guru selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran di laboratorium/pratikum maupun eksperimen

5.       Merawat maupun memelihara alat serta  merapikannya setelah digunakan

6.       Mencatat dan mendata alat yang rusak atau habis setelah digunakan

7.       Mengajukan daftar pengadaan alat dan bahan beserta rencana belanja laboratorium kepada koordinator laboratorium

8.       Membersihkan alat, meja kerja, wasthafel, wadah bahan dan sarana di laboratorium masing-masing

9.       Mengingatkan guru bidang studi dan pembina KIR(pemakai laboratorium) untuk mengisi daftar pemakaian laboratorium

10.   Menyelesaikan administrasi di laboratorium masing-masing

11.   Membantu menyelesaikan adiministrasi umum di kantor laboratorium

12.   Memperbaiki peralatan/sarana yang masih mungkin diperbaiki

13.   Mengklasifikasi perangkat/bahan laboratorium secara baik dan benar pula

 

NO.

 

JABATAN

TUGAS

  14.   Bersama-sama dengan guru bidang studi dan pembina KIR menyusun hasil pembelajaran/kegiatan serta mengatur penempatan secara baik untuk disimpan, dirawat, dan digunakan dalam kegiatan berikutnya.

 

 

 

Jember, Juli 2012

 

 

Drs. Syamsul Ma’arif

                                                                                                Waka Kurikulum

SISTEM MANAJERIAL DAN KINERJA

MAN 2 Jember

A. VISI

 

 

 

B. MISI

 

 

Sebagai insititusi yang memberikan layanan kepada masyarakat lewat siswa-siswi, MAN 2 Jember   mempunyai kontrak moral memberikan layanan pendidikan sesuai dengan persepsi dan asumsi masyarakat pengguna di Jember Oleh sebab itu, ikatan kontrak moral tersebut diupayakan diwujudkan melalui pengukuhan citra profil MAN 2 Jember dalam bentuk layanan pendidikan dalam memberikan bimbingan dan pembinaan generasi muda ke arah masa depan mereka.

MAN 2 Jember dikelola dengan mendasarkan pada pengelolaan persekolahan MA. sebagaimana yang digariskan dalam Pedoman Penyelenggaraan MA yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama dan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional RepublikIndonesiasebagai kerangka dasar, di samping sesuai dengan visi dan misi

Dalam pengelolaan persekolahan, penyelenggaraan pendidikan terbagi dalam bidang-bidang sebagai berikut

C. Pengelolaan Kurikulum

  1. Profil Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
  2. Teknik dan Kiat Pelaksanaan Kurikulum.
    1. Lokakarya persiapan Kegiatan Belajar Mengajar. Setiap awal tahun pelajaran dan setiap awal semester MAN 2 Jember mengadakan lokakarya secara koordinatif yang diikuti oleh semua guru sekolah dengan target menyusun program kerja sesuai bidang tugas masing-masing. Secara administratif guru MAN 2 Jember  mulai tahun 2012/2013 mengadakan musyawarah guru mata pelajaran tingkat sekolah agar guru mata pelajaran sejenis mempunyai visi dan misi yang sama, yang ditindaklanjuti ke arah penyusunan Rencana Pekasanaan Pembelajaran secara personal koordinatif.
    2. Peningkatan hasil belajar siswa. Upaya peningkatan prestasi hasil belajar peserta didik dilakukan melalui beberapa terobosan, yakni: .
      1. Penerapan strategi team teaching agar siswa dapat menyerap sebanyak mungkin ilmu yang disampaikan oleh guru, di samping diterapkan berbagai metode dan media pendidikan juga diterapkan strategi pengajaran team teaching. Strategi ini diterapkan terutama pada mata pelajaran yang jumlahnya lebih dari 2 jam per minggu. Pelaksanaannya, setiap mata pelajaran diajarkan oleh lebih dari satu guru dengan tanggung jawab pada pokok bahasan masing-masing.
      2. Penerapan jadwal maksimal 2 jam pelajaran per kelas.
      3. Untuk menjaga agar kesiapan guru memadai dan siswa tidak menjadi bosan di dalam menerima pelajaran, pada mata pelajaran non-eksakta dilaksanakan 1 jam pelajaran/hari dan pada mata pelajaran eksakta dilaksanakan maksimal 2 jam pelajaran/hari.
      4. Pemantapan Mental dan Keterampilan Teknis ( PMKT)
      5. Bagi siswa Kelas XII yang akan menghadapi UN dan SPMB/UM UGM diberi pengayaan berupa tambahan pelajaran sebanyak 6 jam seminggu, khusus untuk mata pelajaran yang di-UN-kan maupun digunakankan untuk tes ke perguruan tinggi. Pelaksanaannya dilakukan setiap siang hari pukul 13.30 s.d. 15.30 dimulai bulan September sampai dengan menjelang Ujian Nasional. Dalam program ini diterapkan strategi khusus, baik dalam penyajian materi, latihan soal, penilaiannya, maupun pembahasannya. Diperlukan kemampuan kompetensi dan metodologi dari guru sehingga strategi pembelajaran amat menunjang ketercapaian target.
      6. Pelaksanaan Uji Coba. Untuk mendukung dan mengevaluasi keberhasilan PMKT, secara periodic dan berkesinambungan dilakukan tes uji coba yang soal-soalnya dibuat oleh para guru sesuai dengan standard atau kisi-kisi ujian nasional maupun tes perguruan tinggi. Pengadaan soal-soal ini dilaksanakan oleh guru sendiri dan sesekali bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar.
      7. Program Pendalaman Materi dan Pengayaan. Program pendalaman materi dan pengayaan diperuntukkan bagi siswa kelas XI dan dilaksanakan pada siang hari mulai pukul 13.30 s.d. 17.00. Dalam seminggu dilaksanakan sebanyak 4 ( empat ) kali untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa Inggris. Materi dan strateginya dibuat secara khusus.
      8. Praktikum IPA Untuk membekali dan memberikan latihan keterampilan khusus bagi siswa Kelas XII, selain PBM yang menerapkan metode eksperimen, juga dikembangkan praktikum Laboratorium pada mata pelajaran Fisika, Kimia dan Biologi. Hal ini dimaksudkan untuk melatih siswa berpikir secara ilmiah dan komprehensif. Pelaksanaan praktikum Laboratorium mengacu pada aspek kompetensi ilmiah akademis. Dengan praktikum ini diharapkan para siswa tidak asing lagi sewaktu memasuki dan berada di perguruan tinggi jika harus mengadakan praktikum dan membuat pelaporannya.
      9. Penerapan Sistem Penilaian pola tes perguruan tinggi. Pada setiap latihan soal-soal, baik pada PMKT, pendalaman materi dan pengayaan, maupun ulangan harian untuk mata pelajaran tertentu, siswa dibiasakan menggunakan sistem penilaian dengan pengurangan nilai jika jawaban salah. Dengan demikian diharapkan siswa dapat membiasakan diri berpikir kritis dan berhati-hati serta tidak mengembangkan pola piker spekulatif.
      10. Peningkatan Keimanan dan spiritualitas Untuk peningkatan keimanan dan spiritualitas serta implementasi dari pelajaran Pendidikan Agama setiap hari Juma’t
      11. Pelaksanaan Program Remedial

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan layanan bagi siswa-siswi yang belum mencapai target ketuntasan bidang studi ataupun per pokok bahasan. Pengelolaan kegiatan remedial ditangani oleh guru bidang studi masing-masing, untuk melakukan penjadwalan serta koordinasinya. Kegiatan remedial dilakukan pada hari Senin, Selasa, dan Rabu, pukul 13.30 s.d. 17.00. Kegiatan ini dilakukan dengan ketentuan bila jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan lebih dari 50% diwajibkan reteaching.

      1. Layanan Klinis MAN 2 Jember  mengusahakan layanan tidak sebatas jam pembelajaran saja, dalam arti pelayanan proses di kelas, namun juga melayani dengan pola klinis kepada pembelajar bdi luar jam pembelajaran dalam konteks lingkungan sekolah. Layanan ini diberikan kepada siswa-siswi yang mengalami kesulitan dalam belajar, terutama dalam kaitannya dnegan pemahaman dan penguasaan materi. Bentuk layanan ini difokuskan untuk bidang studi MIPA dan Bahasa Inggris.

Untuk meningkatkan prestasi belajar yang memadai, MAN 2 jember melakukan terobosan dalam pelaksanaan kurikulum, antara lain:

  1. Penyediaan Fasilitas Perpustakaan

Untuk menambah koleksi buku perpustakaan, secara rutin dibeli buku-buku penunjang pelajaran, ensiklopedia baru, laporan-laporan karya ilmiah siswa maupun kumpulan soal. Karena waktu baca sangat terbatas, siswa dibiasakan menggunakan menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk membaca di perpustakaan. Pelayanan sirkulasi / pemimjaman buku dilayani pada lantai atas, sedangkan lantai bawah untuk buku-buku referensi dan layanan buku paket. Di lantai bawah juga disediakan perangkat internet sehingga siswa dapat menggunakan untuk mengakses informasi-informasi terkini dan dipakai untuk kegiatan pembelajaran mata pelajaran tertentu. Persiapan menghadapis ains dan Matematika Pendalaman materi khusus bagi siswa unggul untuk menghadapi persaingan terutama dalam mengikuti lomba IMO, IPHO, ICHO, Astronomi, Kebumian dan lomba komputer bekerja sama dengan alumni maupun narasumebr la

Bimbingan Konseling merupakan salah satu pembimbingan ke arah pengembangan pribadi pembelajar. Layanan bimbingan lebih banyak diarahkan pada layanan dalam penempatan, penjurusan, dan problema pribadi peserta didik. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa kenakalan pelajar tidak terjadi di MAN 2 Jember  Dengan demikian, layanan bimbingan dikategorikan sebagai layanan khusus. Oleh sebab itu, dialokasikan waktu 1 JP setiap minggu bagi guru BK memasuki kelas yang dibimbingnya.

4.   Layanan Bimbingan dan Konseling

Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa ” Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan.atau latihan bagi peranannya di masa datang”. Upaya pendidikan berdasarkan pengertian tersebut mencakup kawasan yang sangat luas yang mengacu pada pengembangan individu sebagaimana disinggung dalam pengertian pendidikan diatas. Cakupan yang amat luas itu ( yakni kawasan bimbingan, pengajaran, dan latihan ) saling berkait dan saling menunjang. Bahkan seringkali yang satu tidak dapat dipisahkan dengan yang lainnya. Suatu upaya pendidikan yang menyeluruh, lengkap, dan mantap harus secara terpadu meliputi ketiga kawasan pendidikan itu.

Meskipun kawasan kegiatan bimbingan , pengajaran dan latihan harus dalam keadaan saling terkait dan terpadu, namum ketiganya harus dapat dibedakan, bukan dipisahkan. Tujuan pembedaan dan pemisahan itu adalah untuk dapat dikembangkannya kawasan tersebut secara optimal. Demikian juga yang terjadi di MAN 2 Jember . Kegiatan bimbingan dan konseling dikelola secara tersendiri dengan koordinasi dari seorang koordinator BK.

  •  Pelaksanaan BK di MAN 2 Jember . Dalam rangka meningkatkan efektivitas layanan BP/BK, MAN 2 Jember memberikan layanan kepada siswa melalui tahapan sebagai berikut
  • Penyusunan
  • Pelaksanaan
  • Evaluas
  • Analisis Hasil Evaluasi
  • Pelaksanaan Tindak Lanjut Kelima tahapan pelaksanaan BK di MAN 2 Jember Palembang sebagaimana dikemukakan di atas, masing-masing meliputi 4 ( empat ) bidang layanan, 7 jenis layanan, dan 5 kegiatan pendukung, yang secara popular disebut dengan Layanan Pola 17. Secara garis besar layanan Pola 17 tersebut dapat dilihat pada uraian berikut.
  • Layanan Orientasi =>Layanan orientasi diberikan terutama pada awal tahun pelajaran terhadap siswa baru yang meliputi hal-hal :
  •  Orientasi mengenai tata tertib sekolah
  • Orientasi mengenai keadaan guru/karyawa
  • Orientasi mengenai fasilitas belajar (ruang kelas, ruang BP/BK, perpustakaan , laboratorium, ruang UKS, ruang koperasi siswa, dan sebagainnya).
  • Orientasi mengenai pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler.

 D. LAYANAN HUBUNGAN MASYARAKAT 

  1. Layanan Informasi Layanan informasi diberikan pada siswa mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan kepentingan siswa terutama mengenai kepentingan belajar. Layanan informasi ini merupakan layanan yang sangat penting bagi siswa MAN 2 Jember, karena mereka pada umumnya sangat sadar akan pentingnya informasi yang lengkap untuk pertimbangan dalam menentukan sikap mereka, terutama yang berkaitan dengan prospek mereka di masa mendatang. Dalam hal pemberian informasi perguruan tinggi, sudah disampaikan sejak peserta didik duduk di bangku kelas XI.
  2. Layanan Penempatan dan Penyaluran =>Layanan penempatan dan penualuran ini diberikan kepadampeserta didik terutama yang berkaitan dengan bakat dan minat siswa yang berhubungan dengan bagian kesiswaan dan bagian kurikulum. Bahkan, sebagian besar petugas BK bertanggung jawab pada satu kegiatan ekstrakurikuler tertentu.
  3. Layanan Pembelajaran=>Dalam memberikan layanan bidang pembelajar-an, guru pembimbing bekerja sama dengan guru mata pelajaran dan bagian kurikulum, terutama dalam pelaksanaan program pengayaan, penda-laman materi, serta program remedial bagi peserta didik tertentu.

E. PENGELOLAAN KESISWAAN

 

6.1 Kegiatan Ekstrakurikuler

 

Kegiatan ekstrakurikuler di MAN 2 jember dikelompokkan menjadi 2 (dua ) kelompok, yakni kelompok ekstrakurikuler yang berada di bawah OSIS yang berjumlah 24 kegiatan dan kelompok ekstrakurikuler yang dikelola guru/pembina yang merupakan kegiatan ekstrakurikuler pendukung mata pelajaran dan ptrestasi siswa dengan perincian sebagai berikut.

6.1.1 KIR : Fisika, Kimia, Biologi, IPS, Matematika

6.1.2 Paduan Suara

6.1.3. Musik

6.1.4 Jurnalistik

6.1.5 Teater

6.1.7 Pramuka

6.1.8 Bahasa Inggris : English Club

6.1.9 Bahasa Mandarin

6.1.10 Koperasi

6.1.11 Komputer

6.1.12 PKS

6.1.13 Futsal

6.1.14 Basket

6.1.15 Taekwon do

6.1.16 Voli

6.1.17 PMR

Di samping itu, siswa berkesempatan mengembangkan kemampuannya melalui program tambahan, seperti outbond, liveskill, wisata studi, pertukaran pelajar.

2.  Penanaman Citra Keteladanan

Masa Orientasi Siswa (MOS ) yang merupakan program sekolah dengan tujuan membuat peserta didik selalu tetap mencintai sekolah dan almamater dengan berpedoman bahwa sekolah adalah rumah kedua setelah rumah sendiri. Hal ini ditanamkan sejak peserta didik masuk di MAN 2 Jember melalui pembinaan dan penanaman citra keteladanan, kedisiplinan, dan budi pekerti luhur. Di samping itu, citra keteladanan dan kepemimpinan dikembangkan melalui organisasi intra sekolah. Pengembangan kepemimpinan tersebut dilaksanakan melalui pembinaan dan pembimbingan serta kaderisasi Pengurus Harian dan Perwakilan Kelas OSIS/PPSK serta latihan kepemimpinan (Latpim).

3.  Perkemahan Teladan Bhakti dan Desa Binaan

Siswa kelas X dan kelas XI diberi kepercayaan sepenuhnya untuk melaksanakan kemah bakti yang bertujuan menanamkan kepedulian siswa pada desa berkatagori IDT dan selanjutnya mereka berkewajiban membina desa tersebut selama 5 (lima) tahun. Dengan demikian, kecerdasan sosial peserta didik dilatih dan dikembangkan secara optimal. Sampai saat ini sudah banyak daerah bakti sosial MAN 2 jember , dan mengupayakan mempunyai desa binaan yang tersebar di seluruh Palembang.

4.  Penanaman Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan yang MahaesA

1. Pembinaan iman

2. Sholah Jum’at

3.  Pelaksanaan 6 K

6K dikembangkan di kalangan peserta didik dengan tujuan agar mereka memiliki rasa peduli terhadap lingkungan alam dan lingkungan pergaulannya serta dalam berperilaku sebagai anggota masyarakat dan sebagai diri sendiri. Kepada mereka dilakukan kontroling 6K melalui rasia berpakaian, penataan rambut, perangkat sekolah yang dibawa, kelengkapan kendara-an siswa (motor), dan sebagainya.

6.  Etika dan Sopan Santun

7.  Hubungan Siswa dengan Guru

Pembinaan etika dan sopan santun dirasa amat perlu diberikan dalam pembiasaan berpikir, berkata, dan berbuat. Dimensi ini akan terbina secara berporses bilamana semua konstituen yang terlibat atau berada di dalam komunitas memiliki tujuan dan sikap komitmen hingga bila diteladani generasi berikutnya secara berkesimbamungan. Nuansa seperti itu terbina dengan baik di lingkungan MAN 2 Jember  dari generasi ke generasi beikutnya.

Hubungan siswa-guru diupayakan tertanam secara harmonis, akrab, penuh penghormatan dan beradab. Pembinaan dan pengembangan budaya hubungan yang demikian dilaksanakan sekaligus dalam rangka pembentukan, pembinaan, dan pengembangan kultur sekolah yang harmonis, ramah, saling menghormati, dan familiar.

8.  Upacara Bendera

Upacara bendera rutin dilaksanakan pada setiap Tanggal 17  baik secara bersama maupun paralel per kelas sesuai dengan situasi dan kondisi. Upacara pada peringatan hari besar nasional dilaksanakan secara terpadu

9.  Pemberian Bekal Kemampuan Berbahasa Inggris

Pembinaan, pembimbingan, dan pendampingan kemampuan lisan berbahasa Inggris dilakukan secara bertahap mengingat budaya dan perkembangan kompetensi serta kerangka berpikir masyarakat pengguna. Mayoritas siswa MAN 2 Jember  memiliki kompetensi dasar berbahasa Inggris baik sehingga perlu perancangan matang ke arah pengembangan kemampuan keterampilan secara berlanjut.

Perkembangan kemmapuan ini dapat tersalurkan melalui English Club serta situasi pembelajarn di kelas internasional yang ada. Dalam konteks demikian hal ini digunakan untuk membekali siswa dalam penguasaan bahasa internasional dalam menghadapi era globalisasi. Pembinaan reguler kompetensi guru dilakukan dengan melaksanakan program kursus bagi guru dan karyawan, baik melalui lembaga maupun SDM yang ada. Tes kompetensi bahasa Inggris dilakjukan oleh lembaga yang bertaraf internasional.

10.  Pembekalan Ketrampilan KomputerSemua siswa dibekali ketrampilan komputer melalui pelajaran komputer yang dilaksanakan di sekolah. Di samping itu dilaksanakan juga program kegiatan penyaluran bakat dan minat pembelajar dalam bidang komputer melalui kegiatan komputer analis, yang amat memenberi peluang kepada pembelajar untuk mengembangkan kompetensinya. Hal ini dirasakan amat berguna manfaatnya bagi pembelajar, sebagaimana terindikasi lewat berbagai kemenangan dalam lomba-lomba, baik tingkat lokal maupun provinsi. Selain itu direncanakan dilaksanakan program pelatihan komputer untuk melaksanakan program life-skill dengan pendekatan Broad Base Education.

11.  Pengembangan Pola Pikir Analitik

Untuk mengembangkan bakat dan kemampuan meneliti, direncanakan siswa kelas XI diwajibkan melakukan latihan penelitian yang dilaksanakan pada libur semester I. Pelatihan ini ditindaklanjuti dengan memberikan peluang kepada mereka untuk melakukan kegiatan penelitian.

F.   PENGELOLAAN HUBUNGAN MASYARAKAT

Pengelolaan bidang hubungan dengan masyarakat diarahkan pada upaya membina dan menjalin hubungan serta kerja sama antarsekolah, dengan pemerintah dan instansi terkait, dengan alumni, dengan masyarakat, serta dengan Komite Sekolah.

1. Kerja sama dengan Komite Peduli Pendidikan dan Instansi terkait

 Komite Peduli Pendidikan merupakan komite sekolah yang secara independen bekerja sama dengan penyelenggara pendidikan dengan memberikan peran yang sangat besar dalam memberikan sumbangan pemikiran terhadap penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Fungsi Komite Peduli Pendidikan aedalah berperan sebagai mitra utama sekolah untuk menyelenggarakan pendidikan. Dalam pertemuan koordinasi pihak sekolah dan Komite Peduli Pendidikan membahas berbagai hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan beserta konsekuensi-konsekuensinya, termasuk dalam pencarian dana bagi penyelenggaraan pendidikan.

2.  Hubungan dengan Perguruan Tinggi

MAN 2 Jember  bekerja sama dengan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, nasional maupun internasional. Hubungan kemitraan dengan perguruan tinggi ini amat diperlukan tatkala sekolah harrus memberikan layanan jalur-jalur perguruan tinggi yang dibutuhkan oleh peserta didiknya. Berkaitan dengan ini MAN 2 Jember  secara rutihn mengadakan Ekspo Perguruan Tinggi yang memberikan kesempatan bagi pembelajar untuk m,engetahui jurusan, fakultas, perguruan tinggi, serta gambaran profesi ke depannya. Hubungan kemitraan ini amat simbiosis mutualis sehingga menguntungkan berbagai pihak yang terlibat di dalamnya.

3.    Hubungan kerja sama dengan lingkungan masyarakat

4.    Hubungan kerja sama dengan alumni MAN 2 Jember

Hubungan kerja sama ini dimaksudkan untuk:

a.  Menjaga keamanan MAN 2 jember  dan lingkungannya. Sebagai tenaga keamanan sekolah diambil dari lingkungan masyarakat setempat.

b.  Menata dan menjaga taman sekolah

    1. Alumni telah membentuk wadah mantan-mantan peserta didik MAN 2 jember  dengan nama Ikatan Keluarga Alumni MAN 2 Jember berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada adik-adik kelas yang masih aktif bersekolah di MAN 2 jember . Bantuan material terwujud dalam bentuk perangkat komputer, mesin scanner, TV, OHP, dan sebagainya. Di samping itu, mereka juga mengarahkan adik-adik kelas di dalam memilih jurusan di perguruan tinggi melalui kegiatan open house jurusan. Sekolah mengharapkan alumni membentuk lembaga yang diharapkan dapat banyak membantu MAN 2 jember  dalam penyelenggaraan pendidikan.
    2. Alumni berperan aktif di bidang kesehatan dengan membuka klinik kesehatan di MAN 2 jember, melalui alumni-alumni dokteryang berdomisili di Palembang

d.  Alumni memberikan beasiswa kepada adik-adiknya yang berprestasi dan kurang mampu sert5a memberikan dukungan kepada siswa-siswi dalam pengembangan ekspresi diri, misalnya kelompok band  

e.  Alumni merintis dan mendorong berdirinya kelas bertaraf internasional dan menyumbangkan tenaganya dalam proses pembelajaran di kelas tersebut.

5.  Hubungan kerja sama dengan lembaga bimbingan belajar

Beberapa lembaga bimbingan belajar ternama di Kota Jember diajak bekerja sama dalam upaya peningkatan prestasi peserta didik. Kerja sama tersebut dilaksanakan dalam rangka penjajagan/uji cobaUN maupun SPMB.

D.   PENGELOLAAN SARANA PRASARANA

Pengelolaan bidang sarana/ prasarana sekolah diprioritaskan pada upaya sebagai berikut. 

  1. Mengelola dan mendayagunakan sumber daya sarana/ prasarana yang dan 
    1. Mengembangkan dan meningkatkan sumber daya yang ada dengan mempertimbangkan mobilitas kebutuhan dalam upaya peningkatan mutu sekolah.

Kompleks MAN 2 jember  dibangun di atas tanah seluas 20.000 m2, namun yang dapat dipergunakan secara efektif kurang dari 12 ha. Gedung utama Kecerdasan rohani peserta didik dikembangkan melalui penanaman disiplin beribadah sesuai agama yang mereka anut sejak dini, yakni sejak

 

Dasar Pemikiran Program Kurikulum MAN 2 Jember

Dasar Penyusunan Program Bidang Kurikulum

  1. Dasar penyusunan program:

1.1        Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Naisonal;

1.2        Visi dan Misi MAN 2 Jember , terungkap melalui Renstra

Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 19; 20; 21; 22, 23; 24;

1.3        Pedoman dan Ketentuan Sistem dari Badan Standardisasi Nasional Pendidikan;

1.4        Rencana Program  Sekolah Jangka Panjang (8 Tahun) 2001 – 2009 => Sekolah Internasional

1.5        Rencana Program Sekolah Jangka Menengah II (4 Tahun) 2006 – 2009=> Kelas Internasional

1.6        Rencana Jangka Pendek Per Tahun 2007/2008;

1.7        Kerangka Dasar Kurikulum 2004 ;

1.8        Ketentuan Umum Kurikulum 2004;

1.9        Kurkulum 2004 => Standar Kompetensi 17 Bidang Studi

1.10    Kerangka Dasar Kurikulum 2006 ;

1.11    Ketentuan Umum Kurikulum 2006;

1.12    Kurkulum 2006 => Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

1.13    Rencana Khusus Pengembangan Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup( life skill)

  1. Dasar penentuan jam mengajar guru:

2.1  Potensi sumber daya manusia, baik dalam kualitas maupun jumlah

2.2  Situasi dan kondisi kebutuhan pembelajaran sesuai dengan jumlah kelas dan jam pembelajaran;

2.3  Penghasilan dan pendapatan guru untuk hidup layak demi layanan profesional;

  1. Kemajuan dunia teknologi informasi yang kian mengglobal
  2. Sarana komunikasi yang kian kompleks;
  3. Kemajuan paradigma dan sikap berpikir yang semakin cerdas dan pintar sesuai dengan perkembangan zaman.
  4. Motivasi keunggulan pelayanan pendidikan.

Juli 2012

Waka Kurikulum

Program Kerja Kurikulum

Wakil Kepala Madrasah  Urusan Kurikulum a.           Mengkoordinasikan penyesuaian program pengajaran b.          Mengatur pembagian tugas guru c.           Menyusun jadwal pelajaran/kegiatan belajar mengajar d.          Mengatur jadwal ulangan harian, Ulangan umum, UN/UAM serta mengkoordinir pelaksanaannya e.           Mengelola hasil penilaian f.           Mengkoordinasikan kegiatan ko kurekuler dan ekstra kurekuler dan target Kurikulum dan daya serap siswa g.     Menyusun kriteria kenaikan …

View page »

Perangkat Pembelajaran

Lampiran SK dan KD Permenag Tahun 2008 1. LAMPIRANI c.2—BabIV – SKLPAI dan BhsArab Prog. Keagamaan 2. LAMPIRAN 3c.2—BabIX – SK KD PAI dan BhsArab Prog. Keagamaan

View page »

Kalender Pendidikan

Untuk download kalender pendidikan tahun 2012/2013 silahkan klik disini untuk download kalender pendidikan tahun kalpen 2013_2014

View page »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>