Program Kerja MAN 2 Jember

PROGRAM KERJA MAN 2 JEMBER

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah kami panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan kekuatan dan petunjuk kepada kami sehingga Program Kerja pada MAN Jember 2untuk Tahun Pelajaran 2012/2013 ini dapat tersusun.

Program Kerja ini tersusun berkat bantuan dari berbagai pihak, antara lain :

1. Dewan Guru MAN Jember 2

2. Bendaharawan BP3 MAN Jember 2

3. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember

4. Pengurus Komite MAN Jember 2

Tentu saja kami menyadari bahwa program kerja ini masih mengalami ketidak sempurnaan. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak yang terkait, sehingga segala program yang kami buat ini dapat dilaksanakan dan direalisasikan untuk kemajuan pendidikan di MAN Jember 2

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya Program Kerja Tahun

Pelajaran 2012/2013  ini MAN Jember 2 turut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia yang handal

Jember   Juli  2012

Team Penyusun

PROGRAM KERJA

MAN JEMBER 2

TAHUN PELAJARAN 2012/2013

I.          Pendahuluan

Tahun Pelajaran 2012/2013 telah dilewati dengan hasil yang cukup menggembirakan dibidang pendidikan. Hal ini dikarenakan MAN Jember 2 sebuah Madrasah yang selalu berinovasi tentu saja segala sesuatunya masih dalam kekurangan baik tenaga pengajar maupun sarana dan prasarana lainnya.

Untuk Tahun Pelajaran 2010/2011 ini MAN Jember 2 berupaya untuk mengatasi berbagai kekurangan dan kendala yang ada dengan menyusun Rencana / Program Kerja yang penekanannya pada upaya peningkatan mutu siswa

II.        Maksud dan Tujuan

Program kerja ini disusun dengan maksud dan tujuan

1.      Sebagai landasan kerja dan pedoman bagi Kepala Madrasah  tenaga edukatif maupun tenaga administrasi dilingkungan kerja MAN Jember 2

2.      Untuk mempermudah koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan

3.      Untuk menunjang pelaksanaan kurikulum KTSP

III.             Ruang lingkup Program

1. Struktur Organisasi dan Rincian Tugas Personil

2. Program masing-masing Bidang Kegiatan

a. Umum

b. Kurikulum

c. Kesiswaan

d. Ketenagaan

e. Sarana dan Prasarana

f. Perpustakaan

g. Keuangan

h. Humas

i. Kesejahtraan

j. Supervisi

k.Pelaporan

IV. Program Kegiatan

A.    Struktur Organisasi dan RincianTugas Personil

a. Struktur Organisasi MAN Jember 2

adalah sbb :

STRUKTUR ORGANISASI

MAN JEMBER 2

TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Drs. H. Musthofa

Kepala Sekolah

 

Drs. Syamsul Ma’arif

Wakamad Kurikulum

Nur Hidayat, S.Pd

Giman, S.pd

Staf Kurikulum

 

Drs. Joko Suroso

Wakamad Kesiswaan

Drs. Sugeng Cahyono

Staf Kesiswaan

 

Ir. Harianto M.Pd

Wakamad Sapras

 

KOMITE SEKOLAH

 

Dewan Guru MAN Jember 2

 

b. Rincian Tugas Personil

1. Kepala Madrasah

Tugas Kepala Sekolah terdiri tugas administrasi dan tugas operatif. Secara

keseluruhan tugas tersebut mencakup :

  1. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dan pengelolaan sekolah menyangkut kesiswaan, kurikulum, sarana prasarana, administrasi ketatausahaan, BP/BK dan lain-lain.
  2. Memimpin dan mengkoordinasikan semua unsur dilingkungan sekolah dan memberikan bimbingan serta petunjuk dalam pelaksanaan tugas personil.
  3. Membuat rencana / program sekolah.
  4. Mendelegasikan tugas-tugas tertentu kepada petugas yang ditunjuk.
  5. Melaksanakan supervisi dan pengawasan kegiatan PBM dan KBM yang meliputi penyusunan program tahunan, program Semester, analisis materi pelajaran, rencana pelaksanaan pengajaran, buku jurnal, kegiatan ekstra kurikuler, ko kurikuler dan lain-lain.
  6. Melaksanakan supervisi dan pengawasan terhadap kegiatan BP/BK
  7. Mengadakan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan program sekolah.
  8. Melaksanakan supervisi dan pengawasan terhadap kegiatan perpustakaan.
  9. Melaksanakan supervisi dan pembinaan di bidang kebendaharaan sekolah.
  10. Melaksanakan supervisi dan pengawasan terhadap kegiatan penggunaan laboratorium.

2. Kepala Tata Usaha

Kepala Tata Usaha sekolah mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah

dan bertanggungjawab kepada kepala sekolah melipui kegiatan-kegiatan sbb:

a.       Penyusunan program tata usaha sekolah

b.      Pengelolaan keuangan sekolah

c.       Pengurusan administrasi Pegawai, guru dan siswa

d.      Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha

e.       Penyusunan administrasi perlengkapan sekolah

f.       Penyusunan dan penyajian data/ statistik sekolah

g.      Mengkoordinasikan dan melaksanakan 8 K

h.      Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan penyusunan ketatausahaan secara berkala

3. Staf Tata Usaha

Membantu kepala Tata Usaha dalam penyelesaian kegiatan ketatausahaan/adminis-

Trasi yang meliputi :

a.       Yang berhubungan dengan administrasi umum

1.      Mengadakan/mencatat membukukan surat-surat masuk/keluar

2.      Mendistribusikansuratsuratyang masuk kebagian/unit lain sesuai diposisi kepala sekolah

3.      Menghimpun dan mengirimkan laporan bulanan kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember Propinsi Jawa Timur

b.      Yang berhubungan dengan administrasi perlengkapan

1.      Membuat daftar inventaris perlengkapan sekoah

2.      Koordinasi dengan wakamad bidang  sarana dan prasarana dan bendaharawan yang relevan dalam rangka pengadaan barang – barang serta pendistribusiannya

3.      Membuat laporan inventaris secara berkala ( berkoordinasi dengan wakamad sarana prasarana )

c.       Yang berhubungan dengan administrasi kesiswaan :

1.      Mengisi Buku Induk Siswa

2.      Menyusun absen dengan rekapitulasi absen siswa

3.      Memonitor jumlah kegiatan siswa setiap bulan

4.      Menyelenggarakan administrasi mutasi siswa

5.      Membuat atau mengisi buku klaper siswa

6.      Menyusun daftar siswa untuk diajukan pada NISN

d.      Yang berhubungan dengan administasi kepegawaian

1.      Menyiapkan file guru/pegawai

2.      Menyusun DUK

3.      Memonitor/mengamati masa kepangkatan/golongan pegawai, mengusulkan pemberian kenaikan gaji berkala pegawai

4.      Menyiapkan DP 3 Pegawai

5.      Menyiapkan buku induk pegawai

6.      Meyelenggarakan daftar hadir pegawai TU dan Guru

e.       Yang berhubungan dengan administrasi keuangan

1.      Membantu Kepala Madrasah  dalam menyusun RAPBS

2.      Menyusun daftar gaji pegawai

3.      Membantu para bendahara sekolah dalam hal pembuatan , pengiriman laporan sekolah dibidang keuangan jika diperlukan

4. Wakil Kepala Madrasah  Urusan Kesiswaan

a.  Merencanakan dalam melaksanakan PSB setiap awal tahun pelajaran

b.  Melaksanakan pembinaan osis mencakup pemilihan pengurus osis, kegiatan

osis, pembina pengurus osis

c.  Membina, melaksanakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan 8K de-

ngan bagian-bagan dalam lingkungan Madrasah  dan luar Madrasah

d.  Penyusunan tata tertib sekolah dan memonitor pelaksanaan tata tertib sekolah

e.  Melaksanakan pemilihan siswa/calon siswa teladan, anggota paskibraka

f   Mengarahkan dan memonitor siswa lulusan

g.  Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala

h.  Menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler (kepramukaan, koperasi dan UKS)

i.        Mengkoordinasikan kegiatan ekstra kurikuler bersama guru pembinanya

5. Wakil Kepala Madrasah  Urusan Kurikulum

a.           Mengkoordinasikan penyesuaian program pengajaran

b.          Mengatur pembagian tugas guru

c.           Menyusun jadwal pelajaran/kegiatan belajar mengajar

d.          Mengatur jadwal ulangan harian, Ulangan umum, UN/UAM serta mengkoordinir pelaksanaannya

e.           Mengelola hasil penilaian

f.           Mengkoordinasikan kegiatan ko kurekuler dan ekstra kurekuler dan target

Kurikulum dan daya serap siswa

g.     Menyusun kriteria kenaikan kelas dan kelulusan

h.     Mengkoordinir dan mengadministrasikan penyusunan Program tahunan,

Program Semester, Analisis Materi Pelajaran, RPP, Jurnal Mengajar, Program Pengayaan/Perbaikan

6. Wakil Kepala Madrasah Urusan Sarana Prasarana

a.     Inventaris barang-barang koordinasi dengan Kaur TU

b.     Inventaris kebutuhan guru dalam KBM/PBM

c.     Pendayagunaan sarana/ prasarana termasuk mendistribusikan alat-alat kebu-

tuhan KBM guru dan siswa

d.          Memelihara dan mengamankan  sarana /prasarana termasuk mendistribusikan

(pengamanan, penghapusannya serta pengembangannya) koordinasi dengan Kaur TU.

e.           Mengelola dan mengadakan koordinasi dalam hal pengadaan sarana/prasarana

dengan bagian/bidang yang ada hubungannya dengan pendanaan/keuangan, koordinasi dengan Kaur TU

7. Wakil Kepala Madrasah  Urusan Humas

a.          Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan orang tua/wali –

Siswa

b.          Membina hubungan antara sekolah dengan BP3

c.          Membina pengembangan hubungan antara sekolah dengan masyarakat sekitar

Lembaga pemerintah, dunia usaha dan lembaga-lembaga social

d.         Membantu BP3 dalam hal pengelolan sumber daya dana yang dikumpulkan BP3

e.          Menyelenggarakan/mengkoordinir pelaksanaan upacara hari Nasional baik disekolah maupun diluar sekolah dengan urusan kesiswaan

f.           Aktif membantu wali kelas dan guru BK dalam menangani kasus-kasus masalah siswa diluar.

g.          Melaksanakan tugas pengawasan harian/piket secara bergiliran

h.          Mengadakan koordinasi dalam pelaksanaan tugas dengan semua guru, wali kelas

8. Wakil Kepala Madrasah  Urusan Keagamaan

a.      Mengatur dan menyelenggarakan Kegiatan Keagamaan di MAN Jember 2

b.      Mengiventarisir prosentase siswa yang bisa, dan belum bisa membaca Al Qur’an dengan benar.

c.    Membuat Jadwal Pembinaan  bagi  siswa yang belum bisa membaca Al Qur’an dengan benar

d.      Menyelenggarakan/mengkoordinir pelaksanaan kegiatan hari besar Agama.

e.          Melaksanakan tugas pengawasan harian/piket secara bergiliran

f.          Mengadakan koordinasi dalam pelaksanaan tugas dengan semua guru, wali kelas

 

9. Wakil Kepala Madrasah  Urusan Ketrampilan

a.           Mengkoordinasikan penyesuaian program Keagamaan

b.          Mengatur Pembagian siswa per life skill

c.          Mengatur jadwal Ujian Life serta mengkoordinir pelaksanaannya

e.           Mengelola hasil penilaian

f.           Mengkoordinasikan kegiatan pelaksanaan life skill dan target Kurikulum life skill dan daya serap siswa

g.     Menyusun program-program untuk meningkatkan promosi life skill (pameran, magang dll)

h.     Menganalisa  life skill yang layak menjadi icon pada MAN Jember 2

8. Wali kelas

a.          Menyusun organisasi kelas

b.          Membuat denah tempat duduk siswa

c.          Koordinasi dengan guru BP/BK membuat peta siswa dikelasnya

d.         Membuat daftar inventaris kelas

e.          Mengisi buku kelas

f.           Mengisi raport siswa pada setiap akhir Semester

g.          Mengontrol buku absen siswa

h.          Mengamati perkembangan kepribadian siswanya

i.            Membuat catatan khusus tentang siswa terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dan memerlukan bantuan/ penanganan

j.            Pencatatan mutasi siswa

k.          Koordinasi dengan guru BP/BK yang berkenaan dengan siswa yang dianggap terlibat kasus-kasus tertentu yang dianggap rawan

l.            Membagi laporan pendidikan (raport)

m.        Melaporkan setiap permasalahan siswa dikelasnya kepada wakamad urusan  kesiswaan untuk ditindak lanjuti

9. Petugas Keuangan/ Bendahara Rutin

a.            Menerima dan membukukan uang / dana yang dipertanggungjawabkan sesuai dengan perusedur yang berlaku

b.            Mengeluarkan uang atas perintah dan membuat SPJ atas pengeluaran / penggunaan dana tersebut

c.            Menerima PPN dan PPH dari rekanan yang melaksanakan transaksi penjualan barang kepada kepala Madrasah.Kemudian menyetorkan kepada kantor pajak

d.           Membuat laporan secara berkala

10. Bendahara BP3

a.          Menerima dan membukukan uang / dana BP3 sesuai prosedur

b.          Mengeluarkan atas perintah dan membuat SPJ penggunaan dana tersebut

c.          Menerima dan menyetorkan PPn, PPh, dari rekanan/perusahaan yang melakukan transaksi penjualan dengan sekolah kemudian meneruskannya kekantor pajak

d.         Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan

11. Guru/Petugas BP/BK

a.          Menyusun program dan pelaksanaan bimbingan penyuluhan

b.          Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah  yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar

c.          Memberikan pelayanan bimbingan penyuluhan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar

d.         Melaksakan koordinasi dalam urusan praktek dengan kepala Madrasah , wali kelas dan guru dalam menilai siswa bila terjadi pelanggaran oleh siswa

e.          Penyusunan dan pemberian saran serta pertimbangan pemilihan jurusan/program pendidikan bagi siswa

f.           Memberikan saran dan pertimbangan kepada siawa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai

g.          Mengadakan penilaian pelaksanaan BP/BK

h.          Menyusun statistik hasil penilaian BP/BK

i.            Menyusun laporan  pelaksanaan BP/BK secara berkala

 

12. Ketua Kelompok Program Pilihan / Bidang study

a.          Menyusun program dan pengembangan program pilihan bidang

b.          Koordinasi penggunaan laboratorium / ruang praktek

c.          Meningkatkan prestasi jurusan yang bersangkutan

d.         Mengadakan koordinasi kegiatan guru praktek dan guru teori

e.          Merevisi dan evaluasi kemajuan serta kemampuan siswa dalam program study yang bersangkutan

f.           Merencanakan dan menyiapkan bahan sesuai dengan kebutuhan praktek

g.          Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan program pilihan /bidang study

12. Petugas Pengelola Laboratorium

a.          Bertanggung jawab terhadap pengelolaan laboratorium

b.          Menginventarisir ulang terhadap alat perlengkapan di laboratorium

c.          Menyusun jadual penggunaan alat oleh kelas/siswa

d.         Mengadakan perbaikan / pemeliharaan ruang laboratorium

e.          Menyusun Program pengadaan / pembelian bahan

13. Pengawas / Piket Harian

a.          Bertugas selaku piket pada jam pelajaran berlangsung

b.          Mengumpulkan dan menyerahkan absen guru / pegawai kepada kepala Madrasah Setiap akhir jam kerja

c.          Mencatat dan memberikan tugas kepada siswa yang terlambat datang kesekolah

d.         Menggantikan/mengamankan/memberian tugas kepada kelas yang gurunya tidak ada  atau berhalangan hadir

15. Pembantu / Penjaga Sekolah

a.          Membuka dan menutup jendela, pintu ruang kelas, ruang guru, ruang TU, dan ruang kepala sekolah

b.          Menaikan bendera merah putih pada waktu pagi jam 06.00 kecuali ada upacara

e.          Melaksanakan tugas pengamanan sekolah setelah siswa pulang jam 14.00

f.           Menurunkan bendera pada jam 18.00

g.          Menerimakan surat-surat yang datang pada waktu kantor telah tutup

h.          Melaporkan secara rutin keadaan atau kejadian pada saat yang bersangkutan bertugas jaga ditempat

16. Petugas Pertamanan

a.    Membersihkan ruang kelas  termasuk teras sesuai dengan Pembagian  tugas

b.       Memonitor kebersihan WC siswa, guru dan kepala sekolah

a.         Membersihkan dan merapikan taman / halaman sekolah

b.         Mengadakan penanaman/penghijauan halaman dengan tanaman  yang          bermanfaat ( bunga-bunga, buah-buahan, tanaman pelindung dan lain )

c.         Memelihara kesuburan / kelangsungan hidup tanaman

17. Petugas 8 K

a.          Mengatur/mengkoordinir pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan keamanan, Kebersihan, keindahan, kekeluargaan ketertiban, kerindangan, kesehatan dan ketakwaan

b.          Untuk melaksanakan tugas ini 8K melakukan koordinasi dengan kesiswaan/Osis, pesuruh dan bagian sarana/prasarana

c.          Dalam melaksanakan tugasnya dikoordinir oleh wakamad kesiswaan dengan program masing-masing bidang

B. Program Masing-masing Bidang Kegiatan

1. Umum

a.          Melakukan rapat-rapat koordinasi dan pengarahan yang berhubungan dengan penyusunan program Madrasah tahun pelajaran 2009/2010 penyusunan RAPBS, pembagian tugas baik tenaga edukatif maupun administrative, pembentukan panitia PBM, Orientasi Siswa Baru, Rapat guru BP/BK, rapat ulangan umum semester, dan lain-lain

b.          Pelaksanaan upacara hari-hari besar Nasional

c.         Pengangkatan petugas khusus yang berfungsi membantu kepala sekolah seperti, wakamad, bendahara UYHD, OPF dan 8K

d.          Pembentukan pengurus Komite dan badan pemeriksaan

2. Kurikulum

a.          Menyiapkan perangkat kurikulum khususnya tentang juklak kurikulum dan GBPP

b.          Menyiapkan pembagian tugas guru

c.          Menyiapkan jadual mengajar, tugas piket pengawas harian

d.         Menyiapkan Program Semester,  Ko kurekuler, Ekstra Ko kurikuler, serta perbaikan, pengayaan  bagi peserta didik

e.          Pengumpulan laporan target kurikulum dan daya serap siswa

f.           Penyiapan buku paket/buku penunjang untuk mata pelajaran dikelas Satu

g.          Penyelenggaraan ulangan Semester

h.          Membentuk MGMP

i.            Penyerahan Raport

j.            Menyusun kelas-kelas unggulan untuk kelas I dan kelas II

3. Bimbingan Konseling

a.          Menyusun program BK

b.          Petugas BK melakukan kegiatan bekerjasama atau berkoordinasi dengan bagian kesiswaan dalam hal penyaringan data pribadi siswa

c.          Melaksanakan bimbingab bagi  siswa yang mengalami kesulitan belajar serta membibingan dan memberikan bantuan dalam hal mengenali diri sendiri dan masa depan para siswa

d.         Mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas  BK-an

4. Ketenagaan/ Ketatausahaan

a.          Menyaring data tenaga baik administrative maupun edukatif, dalam rangka pengisian buku Induk Pegawai dan file pegawai

b.          Pembuatan DP3 tenaga-tenaga edukatif dan administrative

c.          Pengelolaan angka kredit bagi tenaga fungsional yang secara teknis mengadakan koordinasi dengan bagian kurikulum

d.         Penyusunan data tentang DUK pemantauan kenaikan pangkat pegawai

5. Sarana dan Prasarana

a.          Mengadakan alat-alat kegiatan belajar mengajar antara lain: alat olah raga, alat alat peraga , bahan-bahan praktek laboratorium dan alat-alat praktek

b.          Mengadakan prasarana penunjang seperti: bola lampu, buku penunjang buku paket, buku pegangan guru, alat-alat administrasi kantor, bentuk perangkat kelas, kleksi buku perpustakaan

c.          Mengadakan prasana yang berhubungan dengan sanitasi antara lain : alat kebersihan ( WC, Kantor, halaman dan kelas ) alat itu antara lain : sapu ijuk, keset, sikat lantai, kreolin dan bak sampah

d.         Pengadakan penambahan alat penunjang belajar berupa rak buku, meja baca

e.          Menyusun dan meneliti daftar inventaris sarana dan prasarana sekolah baik yang berasal dari pengadaan pemerintah, proyek, maupun bantuan BP 3

f.           Pengadaan alat tulis keperluan PBM/KBM

g.          Pengadaan pagar Madrasah

h.          Pembuatan lapangan olah raga

i.            Pengadaan alat kebersihan perangkat keras berupa mesin pemotong rumput

6. Perpustakaan

a.          Melanjutkan kegiatan serta menambah buku- buku perpustakaan

b.          Melaksanakan peminjaman buku-buku perpustakaan kepada siswa

c.          Membantu kegiatan kurikulum dalam pendistribusian buku paket

7. Keuangan

a.        Penyusunan RAPBS tahun 2010/2011 dengan memperhatikan angaran rata-rata kemumgkinan bantuan BP3

b.        Membantu BP3 dalam hal memungut dan mengelola keuangan BP3

c.        Pembuatan SPJ untuk biaya-biaya

8. Humas

.a.        Melaksanakan pertemuan dengan orang tua siswa

b.        Pembentukan/pemilihan pengurus BP3 dan badan-badan pemeriksaan BP3 tahun pelajaran 2009/2010

c.        Mengadakan rapat pengurus BP3

d.       Mengadakan kerjasama dengan instansi lain dan melaksanakan bhakti sosial

e.        Mengadakan hubungan dengan pihak pengusaha dalam menggalang dana untuk kelancaran Madrasah

f.         Membantu BP3 dalam menyusun laporan pertanggung jawaban perbaikan rencana kerja BP3

9. Kesejahteraan

a.        Pemberian insentif / honor baik guru tetap, guru tidak tetap, penjaga sekolah, petugas pembantu tata usaha, pembantu tenaga khusus, pembantu kepala sekolah, tenaga TU dan bendahara sekolah

b.        Melaksanakan pertemuan/ arisan keluarga

c.        Mengadakan usaha kesejahtreaan guru/ karyawan melalui koperasi simpan pinjam

10. Supervisi

a.        Melaksanakan supervise terhadap guru dalam PBM/KBM di kelas

b.        Melaksanakan supervise pelaksanaan BK

c.        Mengadakan pemerioksaan kas keuangan bendahara

d.       Supervisi TU

11. Laporan

a.        Menyususn laporan  daya capai/ target kurikulum dan daya serap siswa setiap catur wulan

b.        Keadaan siswa setiap bulan, absensi siswa dan mutasi setiap bulan

c.        Keadaan guru dan pegawai

d.       Daftar Urut Kepangkatan

e.        DP3

f.         Sarana : mencakup keadaan sarana prasarana ( laporan Inventaris )

g.        Keuangan

h.        Laporan AkhirTahun : Tentang pelaksanaan program kerja,hambatan yang dihadapi,

hasil supervisi

12. 8 K

a.          Bidang keamanan : mengatur keamanan siswa didalam lingkungan sekolah baik terhadap bahaya dari  luar maupun dari luar

b.          Dibidang kebersihan : melakukan pembersihan sanitasi : seperti WC/toilet, kelas, kantor, gudang dan lingkungan sekolah

c.          Di bidang keindahan : memelihara keserasian antara gedung dengan lingkungan sekolahnya dengan cara antara lain pembuatan penyempurnaan tanaman taman sekolah

d.         Ketertiban : mengupayakan pengaturan penertiban siswa, guru saat berada disekolah terutama yang berkaitan dengan jam hadir, penempatan kendaraan disekolah dan lain lain

e.          Kekeluargaan :

1. Mengadakan pertemuan rutin guru dan keluarga

2. Mengumpulkan sumbangan-sumbangan guru/masyarakat  yang memerlukan

Dalam pelaksanaannya seluruh program kegiatan tahun pelajaran 2012/2013 didukung oleh dana yang berasal dari anggaran,  bantuan masyarakat dan

BP3 MAN Jember 2

Sedang perhitungan dana tersebut dihimpun dalam RAPBS MAN Jember 2 dalam pelajaran 2012/2013

V. Penutup

Demikian program MAN Jember  ini disusun dengan melibatkan semua unsur yang terkait dalam unit organisasi MAN Jember 2, sehingga diharapkan betul- betul dapat menjadi pedoman dalam operasionalnya

Jember,     Juli 2012

Kepala

 

Drs. H. Musthofa

Nip. 195604081985031004

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> 

  • Admin

    Mr. Nur Hidayat S.Pd email : together.bareng@gmail.com together.bareng@yahoo.com
  • Recent Comments